Jumat, 04 April 2014

Terbaru! Cara Membuat Blog di Blogger ( Blogspot )

cara membuat blog
Cara Membuat Blog - Blog yang merupakan singkatan dari web log adalah bentuk suatu aplikasi atau bagian dari web yang biasanya memuat tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web pada umumnya. Media blog mulai populer pada tahun 2002, dimana blogger.com memberikan platform yang mudah untuk seseorang dalam membuat blog. Seiring perkembangan jaman, blog-blog ini memiliki fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi promosi, kampanye, media informasi, bahkan sampai berfungsi sebagai sumber penghasilan dari blog itu sendiri.

Di Indonesia sendiri, perkembangan blog cukup signifikan seiring dengan mudahnya akses internet dan media sosial. Orang yang banyak beraktifitas di blog dan menamakan diri mereka blogger ini pun juga sudah semakin banyak, hal ini bisa dilihat dari persaingan blog dalam memenangkan kata kunci (keywords) di mesin pencarian google.

Saat ini cara membuat blog semakin mudah dan banyak pilihan, banyak situs penyedia blog di internet yang memberikan akses untuk kalian yang ingin membangun sebuah situs blog secara gratis, mulai dari blogger, wordpress, tumblr, blogsome, blogdetik (indonesia punya) dan masih banyak lainnya. Namun kali ini Saya akan menjelaskan cara membuat blog di blogger (blogspot), adapun beberapa keunggulan utama blogger daripada penyedia blog lainnya. Pertama adalah template blog pada blogger merupakan open source, jadi dengan memahami javascript. HTML, CSS dll, Kamu bisa mengutak-atik tampilan dan bentuk (template) blog sesuai keinginan Kamu, namun jangan khawatir apabila Kamu tidak memahami bahasa pemograman, di blogger sendiri juga sudah ada pilihan editing blog yang semua orang bisa menggunakannya. dan keunggulan utama yang kedua adalah blog pada blogger bisa dipasang banner iklan dari program adsense, berarti Kamu bisa mendapatkan uang dari blog jika membuat blog pada blogger.

Tanpa basa basi lagi, ayo langsung kita lihat langkah dan cara membuat blog di blogger, berikut penjelasannya. Baca dan perhatikan baik-baik ya teman...

1. Login akun Gmail
Pada dasarnya blogger adalah bagian perusahaan raksasa Google, jadi sebelum mengetahui cara membuat blog di blogger, Kamu harus memiliki sebuah akun email dari Google alias Gmail lalu masuk (login). Apabila Kamu belum memiliki Gmail, silahkan buat terlebih dahulu. Silahkan klik => Cara Membuat Gmail

2. Masuk ke Blogger
Silahkan pergi ke blogger.com, lalu masuk. Maka tampilan di bawah akan terlihat, mengkonfirmasi profil pilihan Kamu, ada dua pilihan yaitu pilihan dengan profil Google+ atau dengan profil Blogger biasa. Untuk mudahnya buat saja profil blogger biasa terlebih dahulu untuk sementara waktu. Di lain waktu Kamu bisa alihkan profil blogger ke profil Google+.

cara membuat blog
Setelah itu muncul tampilan halaman seperti di bawah ini, masukkan nama Kamu di kolom "Nama Tampilan". Setelah itu klik "Lanjutkan ke Blogger".

cara membuat blog

3. Buat Blog Baru
Setelah membuat profil Blogger, maka selanjutnya tentu saja memulai membuat blog baru. Pada tampilan halaman di bawah ini, lihat tombol "Blog Baru" yang ada pada kiri atas halaman lalu klik.

cara membuat blog
Setelah itu muncul tampilan halaman seperti di bawah ini. Ada kolom Judul, Alamat (URL) dan pilihan Template.

cara membuat blog
Untuk kolom Judul, masukkan sesuai keinginan Kamu. Untuk kolom alamat silahkan isi tanpa spasi namun boleh menggunakan strip (-), Alamat ini adalah URL atau link menuju situs blog Kamu, untuk blogger alamat pasti selalu diakhri dengan domain blogspot.com. Pastikan Alamat yang Kamu masukkan tersedia, jika tersedia maka muncul tanda "centang" di sebelah kanan kolom Alamat yang Kamu masukkan.

Lalu pilih Template, pada bagian template pilih saja sembarangan dahulu. Setelah itu klik "Buat blog!". Maka akan muncul tampilan halaman seperti gambar di bawah ini.

cara membuat blog
Pada langkah ke-tiga ini, Kamu sudah menyelesaikan dan memiliki sebuah blog. Sekarang langkah selanjutnya dalam cara membuat blog pada blogger adalah mengganti template (tampilan) blog dan membuat tulisan/artikel (post) di blog, silahkan klik nama blog Kamu.

4. Ganti Template (tampilan blog)
Pada langkah ini, silahkan klik "Template" untuk memulai mengubah template.

cara membuat blog

cara membuat blog
Pada tampilan halaman di atas, terlihat ada banyak pilhan untuk mengubah template, kita bahas satu per satu.

a. Tombol "Sesuaikan"
Adalah pilihan mengubah template (tampilan blog) dengan sangat mudah, disana kita bisa mengubah ukuran lebar blog, mengubah latar belakang (background) blog, mengubah warna tulisan, header, link dsb.

b. Tombol gear pada seluler
Mengubah template blog Kamu pada tampilan seluler.

c. Template yang disediakan oleh blogger (tampilan desktop).
Lihat pada kolom garis hijau di bawah ini, ada banyak pilihan template yang disediakan blogger untuk Kamu yang tidak ingin repot. Ada pilihan Template yang bertema Sederhana, Dinamis, Jendela Gambar, PT keren Sekali, Tanda Air, Kelembutan Perjalanan dan Template Klasik.

Buat Kalian yang tidak suka dengan template yang sudah disediakan blogger atau ingin memiliki template (tampilan blog) yang tidak biasa. Silahkan klik "Edit HTML" (lihat gambar di atas). Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

cara membuat blog
Apabila Kamu memiliki kemampuan dalam bahasa pemograman, hal tersebut sangat membantu untuk mengutak-atik template blogger ini dan membuat blog Kamu terlihat lebih profesional. Namun bagi kalian yang belum menguasai bahasa pemograman (HTML, javascript, CSS dll.), ada banyak tutorial cara mengubah (edit) blog, Kamu bisa cari di Google. Selain tutorial, ada banyak juga situs yang menawarkan pilihan template yang bagus dan keren secara gratis, contohnya btemplates.com, zoomtemplate.com, bloggerthemes.net dll.

Setelah Kamu menemukan dan mengunduh (download) template yang Kamu suka, sekarang tinggal ganti HTML pada template Kamu sebelumnya dengan HTML template lain yang baru. Caranya???

Pertama lihat hasil unduhan template Kamu yang baru (biasanya berbentuk XML document), lalu buka dengan menggunakan Notepad.

cara membuat blog

cara membuat blog
Lalu tekan CTRL+A untuk mem-blok semua kode HTML template di dalamanya lalu tekan CTRL+C untuk meng-copy.

cara membuat blog
Setelah itu kembali ke halaman edit Template pada blogger, sekali lagi tekan CTRL+A untuk mem-blok semua kode HTML template lalu tekan CTRL+V (paste) untuk menggantikan kode HTML template yang sudah ada dengan kode HTML template yang baru di-copy sebelumnya.

Setelah itu Kamu bisa melihat hasilnya terlihat seperti apa dengan menekan tombol "Pratinjau template", apabila menurut Kamu bagus, silahkan klik tombol "Simpan template".

5. Buat Tulisan/artikel (post)
Untuk memulai membuat tulisan, silahkan klik "Pos" lalu klik "Buat entri baru".

cara membuat blog
Maka muncul tampilan halaman seperti gambar di bawah ini, merupakan ruang kerja Kamu saat membuat tulisan.

cara membuat blog
Ada banyak tombol-tombol di bagian ini, adapun sebagian besar fungsi dari tombol-tombol yang terlihat pada gambar di bawah ini sebagai berikut.

a. Kotak garis merah
Kolom untuk menulis judul tulisan

b. Kotak garis orange
Kolom untuk menulis isi tulisan/artikel

c. Kotak garis biru
Tombol-tombol penunjang dalam pembuatan isi tulisan/artikel yang memiliki fungsi berbeda-beda.

d. Lingkaran ungu
Label berfungsi untuk meng-kategorikan artikel yang sedang Kamu buat.

e. Lingkaran hijau
Untuk melihat blog Kamu.

f. Lingkaran biru
Untuk mem-publish, menanyangkan tulisan Kamu jika sudah selesai.

Semakin sering dan konsisten Kamu membuat tulisan, maka posisi blog Kamu di mata google semakin bagus. Sekian dari saya mengenai tutorial cara membuat blog di blogger, semoga bermanfaat. Jika ada yang ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Baca juga: Cara Membuat Blog di Wordpress
pasang iklan

20 komentar:

  1. terimakasih tutorialnya gan>>>>>>>

    BalasHapus
  2. Memang sangat berguna sekali blog yang satu ini topppp (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa semoga artikel cara membuat blog ini berguna :)

      Hapus
  3. terimakasih artikelnya bermanfaat sekali gan :)

    BalasHapus
  4. PONSELBET.COM AGEN BOLA TERPERCAYA
    Contact



    Livechat : ponselbet.com

    YM Cs1 : cs1ponselbet@yahoo.com

    EMAIL : ponselbet@gmail.com

    BBM : 2AC43C6C

    PHONE : +855 95 251 597

    LINE : PONSELBET

    WECHAT : PONSELBET

    WA : +855 95 251 597

    BalasHapus
  5. PONSELBET.COM AGEN BOLA TERPERCAYA
    Contact



    Livechat : ponselbet.com

    YM Cs1 : cs1ponselbet@yahoo.com

    EMAIL : ponselbet@gmail.com

    BBM : 2AC43C6C

    PHONE : +855 95 251 597

    LINE : PONSELBET

    WECHAT : PONSELBET

    WA : +855 95 251 597

    BalasHapus
  6. aku ijin mencoba yah gan atau sist, aku ini newbie yang ingin belajar dan mendalami dunia bloggger..
    lihat infonya

    BalasHapus
  7. kalau buat blog lewat hp bagusnya pakai paltform apa gan??

    BalasHapus